Minggu, 17 Juni 2012

Kiat-kiat Memulai Bisnis Baru Untuk Pemula


                Memilih Wirausaha atau Pegawai?? . sering dari mahasiswa berkata seperti itu. Jika mereka tidak optimis pada dirinya sendiri biasanya dia akan milih untuk menjadi Pegawai. Itu bisa di lihat bahwa mereka main aman dan mendapat gaji yang tetap disetiap bulannya.tetapi berbeda dengan Mahasiswa yang optimis untuk terjun pada dunia Wirausaha,mereka ingin menentukan Gajinya sendiri,itulah orang yang akan memajukan Negara. Dengan lebih banyak mahasiswa yang membuka Bisnis sendiri akan mengajak pengangguran –pengangguran untuk masuk dalam perusahaannya dan bisa juga mengurangi angka kemiskinan yang ada di indonesia.
                Dari mahasiswa –mahasiswa yang ingin membuka lembaran dunianya dengan berwirausaha. Pasti banyak hal yang tidak tahu atau bingung memulai bisnis dari mana atau dengan apa. Maka dari itu ada langkah-langkah untuk memulai wirausaha.yaitu sebagai berikut:
1.       Tentukan ide bisnis
Bagi anda yang memulai bisnis,makan yang anda perlukan pertama kali adalah IDE BISNIS. Pilihlah Ide bisnis yang sederhana dan mempunyai nilai jual tinggi. Apakah sulit??. Kalau menurut anda sulit ,anda bisa mencari Inspirasi Bisnis dari teman-teman dekat anda. Anda bisa bertanya tentang ide bisnis yang belum ada ataupun yang sudah ada dan dimodifikasi,biasanya teman anda mempunyai Ide bisnis yang bagus dan mencari teman untuk bekerja sama. Selain itu anda juga bisa mencari ide bisnis dengan observasi Lingkungan di sekitar anda, pikirlah hal apa yang ingin anda modivikasi . dan jika masih sulit,anda bisa mencari permasalahan umum yang ada di masyarakat. Mungkin tentang alat-alat rumah tangga atau kesulitan dalam pekerjaan.lha itu bisa menjadi ide anda.
2.       Stategi
Stategi adalah ujung tombak dari produk anda. Ketika anda sudah menemukan Ide bisnis yang akan anda jalankan. Maka,langkah selanjutnya adalah merancang Stategi untuk memproduksinya. Strategi ini meliputi Keorganisasian, berapa karyawan yang di butuhkan, alat –alat yang akan di gunakan untuk proses produksi dan yang paling adalah STP atau Segmenting,Targeting  dan Positioning.
a)      Segmenting Adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
b)      Targeting : Setelah memetakan pasar, tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar.
c)       Positioning : Apabila target pasar sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya.
Setelah Ketiga hal tersebut sudah di lanksanakan dan di tentukan anda sudah dapat membuat rancangan bisnis yang anda inginkan dan posisi produk tersebut kepada konsumen,memilih yang hanya untuk trend atau suatu kebutuhan.Itu adalah Pilihan anda masing-masing
3.       Tempat produksi
Dari hal –hal yang sudah di jabarkjan di atas langkah selanjutnya adalah memilih tempat yang akan anda bangun atau jadikan sebagai tempat produksi maupun gudang.
Dari hal tersebut pilihkan Tempat produksi yang sebagai berikut:
a)      Pilih tempat yang dekat dengan Bahan baku yang anda perlukan. Ini memungkinkan anda untuk menekan biaya produksi yang anda keluarkan.semakin dekat tempat produksinya maka akan semakin sedikit biaya yang anda keluarkan untuk membiayai bahan baku untuk sampai ke gudang atau tempat produksi
b)      Memilih daerah yang deket dengan pasar(konsumen). Ini akan mempermudah anda untuk mendistribusikan barang-barang jualan anda.ketika adanya ketelatan pengiriman akan bisa cepat ditangani
c)       Jauh dari pemukiman penduduk. Maksudnya disini adalah untuk menetralisir bau atau limbah yang di keluarkan. Ini tergantung pada jenis usaha anda.jika usaha anda tidak ada efek apapun pada pemukiman penduduk maka  dekat penduduk tidak apa-apa
d)      Dekat dengan Tenaga kerja. Anda harus memperdekat jarak tempat produksi anda dengan keryawan anda.ini  memungkinkan untuk meminimalisir jarak tempuh dari karyawan anda.jika jaraknya dekat karyawan anda akan loyal dan bisa cepat untuk datang ke pabrik.selain itu anda juga bisa mengambil karyawan lagi tanpa susah mencarinya di daerah yang jauh,karena itu juga biaya. Kalau rumah karyawan anda jauh maka akan mengakibatkan banyaknya karyawan yang tidak produktif lantaran mereka sudah capek karena perjalanan yang jauh.
4.       Rencana keuangan
Dari hal –hal dia atas paling penting adalah merancang keuangan dari bisnis anda. Buatlah sebuah rekapan dana dari semua barang yang anda butuhkan selama pembuatan barang/ proses produksi meliputi: jumlah barang-barang modal,perlengkapan modal, Perlengkapan bahan baku, NPV,payback period,dan juga jangan lupa untuk memasukan dan menganalisa pajak yang akan anda tanggung serta sisihkan untuk zakat(bagi yang muslim).
5.       Pembuatan barang(proses Produksi)
Ini adalah langkah yang paling utama. Setelah semuanya di persiapkan .maka anda bisa memulai pembuatan barang atau jasa.ini adalah langkah perealisasian dari ide awal anda.
dari mengumpulkan semua barang baku yang anda butuhkan dan mempersiapkan peralatan yang akan di pakai dengan rincian dana yang anda anggarkan.
6.       Marketing (promosi)
Marketing menjadi ujung tombak dalam pemasaran barang di perusahaan. Untuk bisnis baru yang ingin anda kembangkan. Anda bisa coba menjajakan barang anda langsung ke Orangnya(door to door) ,atau anda bisa lakukan marketing dengan cara yang lain yaitu dengan Teknologi.anda pasti mempunyai akun di jejaring sosial,bukan? Lha, dari jejaring itu anda bisa memasukan barang atau jasa yang sudah anda buat untuk di pasarkan di jejaring sosial misal seperti facebook,Twitter, Blog, atau pun anda juga bisa menitipkan iklah pada web atau blog yang sudah terkenal.
7.       Membuat Jaringan dengan orang lain
Setelah produk anda laku di pasaran,anda harus langsung membuat jaringan dengan orang luar.maksudnya.anda membuat Grup atau komunitas yang suka dengan produk anda.dari grup dan komunitas tersebut jika anda kelola maka dapat menambah pendapatan anda.
8.       Disiplin dengan waktu
Dari semua langkah di atas tidak akan berarti tanpa disiplin anda terhadap waktu. Anda harus menjadwalkan semua produksi dan semua organizing pada perusahaan. Ini di maksudkan agar semua staff dan karyawan serta semua yang ada di perusahaan tersebut patuh pada waktu ,sehingga proses produksi akan selesai dengan waktu yang di tentukan dan bisa mengerjakan hal yang lainbila sudah selesai. Bisa juga anda dapatkan ide pengembangan yang belih baik.
9.       CRM
Customer Relationship management(CRM) adalah model banyak diterapkan untuk mengelola interaksi perusahaan dengan pelanggan, klien, dan prospek penjualan.  Atau dengan bahasa sederhananya adalah memberi pelayanan lebih ketika sudah membeli barang kita.sebagai contoh:
     bengkel servis motor di dealer Resmi sepeda motor memberikan jasa Cuci Motor gratis setelah motornya selesai di servis.
10.   Istiqomah
Istiqomah atau berkelanjutan .maksudnya adalah setelah anda memproduksi barang tersebut dan ketika sudah di kenal oleh masyarakat anda harus mempertahankan produk tersebut mungkin dengan pelayanan maupun kualitas produk. Jangan sampai anda mengganti resep memproduksi anda. Apalagi merubah semuanya dan mulai dari “0” maka itu akan mengakibatkan anda tidak di sukai lagi oleh pelanggan tetap anda.
11.   Pengembangan
Setelah anda melakukan hal-hal di atas maka tahap terakhir anda anda adalah pengembangan ke arah yang lebih maju tanpa meninggalkan ciri khas dari produk maupun perusahaan anda.
                Ketika anda melakukan hal –hal yang sudah saya tulis di atas yang paling terpenting adalah Doa,karena kita semua memiliki tuhan. Dan Tuhan yang memberi kita rezeki dan izin untuk membuka perusahaan tersebut. tidak lupa doa dari orang tua juga anda butuhkan agar senantiasa diberkahi oleh orang tua anda. Itu saja kiat-kiat yang saya sampaikan kepada anda oara pembaca. Semoga dapat berguna untuk anda dan masa depan anda. Dan saya berharap agar Indonesia maju di awali oleh anda dan teman-teman kita semua untuk indonesia yang maju ,Indonesia yang berjaya.


Selasa, 05 Juni 2012

CRM ..oh..CRM... Ujung tombak untuk memelihara Konsumen dan menambah pendapatan.


Customer Relationship Management atau sering kita sebut dengan CRM ternyata sangat di butuhkan oleh Perusahaan di manapun perusahaan itu berdiri dan apapun bentuk perusahaan itu. Karena CRM dapat memelihara Konsumen agar tetap loyal kepada Perusahaan dan setia untuk membeli atau menggunakan produk kita secara terus menerus.
Perlu kita ketahui bersama CRM adalah usaha perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu melalui telepon ,E-mail, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf penjualan dan pemasaran.
  • Menurut Andersen Consulting(tunggal 2000):CRM merupakan pendekatan bagi perusahaan untuk mengidentifikasi, melaksanakan, memperoleh, mempertahankan pelanggan memalui berbagai kapabilitas secara terintegrasi.
  • Menurut Fredrick Newell dalam buku “Loyalty.com”(2000,2):CRM adalah sebuah pemodifikasian dan pembelajaran perilaku konsumen setiap waktu dan setiap interaksi ,perlakukan terhadap pelanggan dan membangun kekuatan antara konsumendan perusahaan.
Ada beberapa tujuan adanya CRM yaitu mengenali dan menganalisa relasi, mengenali dan menganalisa pasar dan mengenali dan menganalisa produk keluaran. Selain itu CRM  dapat menambah konsumen yaitu dengan memelihara konsumen dan menambah konsumen baru,  dan mengetahui tingkat kepemilikan perushaan pada kosumen yaitu dengan mengethui kebutuhan konsumen.dll.
Kunci Sukses daam CRM:
  1. Tangani komplain
    Masalah lebih cepat selesai ,tentunya lebih bagus .oleh karena itu ,usahakan untuk menangani komplain dengan cepat ,langsung on the spot. Namun jika ada permasalahan dan tidak di selesaikan dengan cepat dan berbilang bertele-tele malah dapat memberikan dampak buruk bagi Image perusahaan itu sendiri.
  2. Dorong pelanggan untuk Komplain
    Mungkin terdengar aneh ya???tetapi sangat pentingnya komplain dari pelanggan untuk dapat memperbaiki kinerja kita dan produk kita.oleh karena itu maka dorongnya pelanggan agar komplain kepada perusahaan. Dengan menyediakan nomor Hot line,kuesioner feedback,survei elepon ataupun interaksi langsung. Dengan kita mendengar komplain dari konsumen maka akan terjalin komunikasi anatar konsumen dengan perusahaan.
  3. Customer sevice yang kompeten
    Dengan adanya komplain maka harus di butuhkan tenaga untuk menagani hal itu.yaitu dengan tenaga Customer service yang berkompeten. Mereka harus mempunyai product knowledge serta seluk belum mengenai prosedur pelayanan yang baik.dan juga harus mempunyai pengetahuan terkait nature dari bisnis tersebut.
  4. Follow up
    Setelah mengatasi komplain,maka lebih baik jika melakukan Follow up kepada pelanggan, ini perlu untuk mengkonfirmasi apakah tindakan anda sudah tepat,sesuai dengan ekspetasi mereka .dalam tahap ini di evaluasi bagaiamana sikap pelanggan terhadap anda: masih sama atau berubah? Jika sikap meraka normal maka kemungkinan mereka tetap menjadi pelanggan kita yang loyal cukup besar. Namun jika sebaliknya yitu berubah tentunya menjadi pekerjaan yang baru bagi perusahaan.
  5. Delightfull recovery
    Salah satu komponen yang dapat mengubah perasaan pelanggan dari kecewa berbalik menjadi puas adalah Recovery. Kunci penting dari recovery yang sukses adalh benefit yang diterima pelanggan lebih besar dari pada kerugian atau kekecewaan yang mereka tanggung,sebisa mungkin ,ciptakan suatu recovery yang di luar ekspetasi pelanggan.
Saya mempunyai pengalaman tentang CRM yang telah di lakukan oleh perusahaan. Yaitu perusahaan Sekuritas “ IndoPremier Securities(IPS)”.perusahaan ini bergerak di bidang pasar modal seperti jual beli saham, obligasi ,dan lain-lain. IPS sebagai jembatan dari investor kepada perusahan bersangkutan untuk menghimpun dana dari investor untuk dibelikan beberapa LOT saham dari beberapa perusahaan yang Go Publik.
Saat itu, saya bersama teman saya datang ke Kantor Saham IPS untuk membuka Rekening baru pembelian saham atau kita sebut dengan RDI(Rekening Dana Investor). Yang mana Rekening ini akan di gunakan dalam pembelian saham di bursa saham.
Perusahaan IPS juga memiliki Customer Relationship Management(CRM) yaitu sebagai berikut:
  1. Perusahaan memberikan kemudahan untuk investor membuka rekening baru .
  2. Perusahaan memberikan data-data harga saham di pasaran secara Up-date
  3. Memberikan informasi tentang beberapa perusahaan yang sedang naik dan turun harga sahamnya
  4. Memberikan pengajaran gratis kepada Investor pemula untuk jual beli saham di Bursa
  5. Memberikan Compact Disc gratis kepada Investor baru.
  6. Memberikan Informasi melalui telpon, sms  dan E-mail
Selain yang di atas masih banyak CRM yang diberikan oleh Perusahaan untuk Customernya agar selalu memberikan Kontribusi positif bagi perusahaan dan dapat terus bekerjasama dengan perusahaan .
Jadi bisa di ambil Simpulan bahwa Customer Relationship Management(CRM) sangat berguna bagi perusahaan untuk dapat membina informasi dan hubungan kepada Konsumennya. Dan untuk menambah lebih banyak konsumen lagi.  Ada penelitian mengatakan “jika satu orang di kecewakan atau diperlalukan buruk oleh orang lain,maka dia akan menyampaikan kepada orang lain yang ditemuinya sampai 20 orang,tetapi ketika dia mendapat perlakukan yang baik dari seseorang maka dia akan menyebar berita baik itu hanya kepada 10 orang saja”.
Terima kasih.....
Mohon berikan tanggapan dan atau tinggalkan pesan dan komentar anda pada artikel ini.