Jumat, 30 Desember 2011

Melirik Pentingnya Perencanaan dan perlunya Perencanaan SDM


Salam sukses untuk kita semua
Kebutuhan sebuah perusahaan akan perencanaan Sumber daya manusia tidak dapat di pungkiri lagi bahwa jantung dari keberhasilan sebuah perusahaan tergantung bagaimana perusahaan itu mengelola dan merencanakan dengan bagus strategi perencanaan SDM untuk periode tertentu. Tetapi di balik semua itu sebuah perncanaan membutuhkan materi –materi pendukung yang akan memperlengkap dan mempertepat strategi perencanaan yang akan di ambil seorang pemimpin. Materi itu adalah kemampuan keuangan dan kemampuan perusahaan mengelola sumber daya yang dimilikinya. Dan sebuah perencaan SDM hasil akhirnya adalah peningkatan dari sektor Produksi  yang ada di perusahaan .produktivitas  akan meningkat apabila SDm yag ada pada perusahaan terbeut merupakan orang- orang yang sudah di rencanakan di sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan .
Bebekal dari informasi dari analisis pekerjaan dan desain.maka perencanaan Sdm perusahaan dalam hal permintaan dan persediaan karyawan / tenaga kerja untuk masa yang akan datang dapat di ramal secara sistematis. Suatu perusahaan tanpa di dukung karyawan yang sesuai baik dalam segi kuantitatif ,kualitatif ,strategi ,operasional dan fungsional maka perushaan itu tidak akan mampu mempertahankan keberadaan,mengembangkan dan memajukan di masa mendatang.
Ada beberapa keuntungan bagi perusahaan besar yang menggunakan perencanaan SDM,yaitu:
  1.       Pemanfaatan SDM yang tersedia secara efektif
  2.      Persaiangan SDM dan sasaran perusahaan masa depan secara tepat guna
  3.      Hemat secara ekonomi dalam menerima para pegawai
  4.    Memperluas infomasi SDM sesuai dengan kegiatan SDM dan unit organisasi lain.
  5.       Permintaan dalam jumlah besar pada pasar tenaga kerja lokal dapat terpenuhi.

Perncanaan pada dasarnya adalah merupakan pengambilan keputusan sekarang tentang hal – hasil yang akan di kerjakan di masa depan. Jadi jika dio padukan dalam Perncanaan SDM  adalah langkah – langkah tertentu yang dapat di ambil dalam waktu sekarang oleh seorang manajer untuk membuat keputusan masa sekarang untuk di gunakan dalam pelaksanaan fungsi managerial dan fungsi operasional dari manajemen sumber daya manusia untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah di buat sebelumnya.
Dari hal di atas kita dapat mengambi kesimpuan bahwa perusahan harus memiliki sebuah perencanaan SDM secara terperinci dan tepat guna. Perencanaan yang matang akan membawa manfaat yang baik untuk perusahaan:
  • 1.       Perusahaan dapat memanfaatkan SDM yang ada dalam perusahaan secara lebih baik.seorang  manajer mengambil keputusan dari banyak informasi yang di terimanya untuk keputusan di masa yang akan datang berbekal dari kekuatan dan kemanpuan yang sudah di miliki sekarang.
  • 2.       Dapat meningkatkan efektifitas kerja apabila SDM sudahh sesuai dengan kebutuhan perusahaan .dari suasana yang kondusif ,pernagkat kerja sesuai dengan job spesifikasi yang sudah di tentukan,jaminan keselamatan kerja dan semua sistem sudah berjalan dengan baik.
  • 3.       Meningkatkan produktifitas dari pekerja atau karyawan jika sudah adanya pelatihan dan pengembangann yang terpadu sesuai dengan prosedur yang ada dan jadwal yang sudah di tentukan oleh perusahaan.
  • 4.       Dapat memperoleh karyawan yang baik dalam segi pengetahuan dan skill di bidang yang sudah di tentukan.baik dalam segi  kualifikasi dan jumlah yang sudah terencana.
  • 5.       Memperoleh informasi ketenagakerjaan yang cepat dan akurat sehingga dapat di tangani dengan baik oleh manajer.
  • 6.       Mengetahui pasar tenaga kerja dari mencari karyawan baru atau membuka proses recruitmentguna memperoleh calon –calon yang potensial untuk di terima dalam perusahaan.
  • 7.       Sebagai acuan- acuan untuk menyusun program pengembangan SDM untuk peride selanjutnya.

Dengan saya sebutkan manfaat- manfaat di bentuknya suatu rancangan Perencanaan SDM jelas bahwa Perencanaan SDm mutlak untuk di perlukan . karena  setip perusahaan pasti menghadapi  masa depan yang memiliki unsiur ketidak pastian serta kterbatasan sumber daya dan SDM yang di miliki,keterbatasan ini mengharuskan sumber dana ,sumber daya dan SDM din rencanakan dan di gunakan sebaik baiknya agar di peroleh manfaat yang maksiamal.
Perncanaan SDM juga dapat di gunakan untuk membantu perusahaan untuk membuat sasaran strategis yang akan gunakan untuk memanfaatkan tenaga- tenaga yang berbakat dan terampil.
LANGKAH –LANGKAH PERENCANAAN SDM
Dalam perencanaan SDM ada 4 langkah yang harus di terapkan,yaitu:
1.       Perencanaan untuk kebutuhan masa depan.
Beberapa orang dengan kemampuan yang di butuhkan perusahaan agar di pertahankan selama suatu jangka waktu yang dapat di perkirakan di masa depan.
2.       Perencanaan untuk keseimbangan masa depan
Banyaknya karyawan yang ada pada masa sekarang belum tentu masih ada di masa mendatang.maka dari itu perlu adanya perencanaan untuk mengisi kekosongan karyawan.
3.       Perencanaan untuk pengadaan dan seleksi atau pemberhentian semetara
Kemampuan perusahaan untuk melenkapi dan mencapai jumlah SDM yang di perlukan.
4.       Perencanaan untuk pengembangan
Yang terkahir adalah mencapai kemampuan pekerja yang  baik untk di kembangkan dalam bidang kemampuan diri sendiri dan kemampuan dalam bekerja dalam kelompok.
Maka atas dasar hal – hal di atas hendaklah membangun kinerja dari SDM melalui perencanaan terlebih dahulu dari departemen SDM yang menangani.karena tidak bisa berkembang dan maju sebuah perusahaan tanpa adanya pegawai dan karyawan yang mempunyai kemampuan yang baik dalam bekerja dan bisa meningkatkan produktifitas perusahaan.

1 komentar: