Jumat, 30 Desember 2011

Konsep recruitment mudah dan murah untuk UKM


salam sukses untuk kita semua.
Di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini memulai menumbuhkan wirausaha muda  yang bernama UKM atau Usaha Kecil Menengah. Usaha ini di maksudkan untuk memberikan jalan keluar untuk kemiskinan di indonesia dan memperlancar bisnis Riil. UKM akan dimulai dengan memberikan pinjaman kepada home industry  untuk menumbuhkan usaha mereka. Ada beberapa macam ukm yang sudah di bentuk yaitu usaha Makanan,pakaian ,sepatu,assesoris dan lain – lain.
Tentunya kita juga tahu bahwa UKM tidak sama dengan perusahaan,dalam bidang produksi  maupun struktur organisasinya. Perusahaan besar mempunyai struktur organisasi yang jelas dan tepat. Ada departemen di setiap bidangnya,seperti HRD,Staff Accounting,Staff gudang ,dll diatur berdasarkan job deskripsinya sendiri.berbeda dengan UKM,mereka hanya punya Pimpinan dan pekerja/karyawan. Seorang pimpinan akan merangkap beberapa bidang yang paling mencolok adalah staff keuangan dan human resource.
Di dalam UKM pasti butuh karyawan baru ketika ada seorang yang keluar atau sudah waktunya pensiun. Sedangkan di UKM sendiri tidak cukup waktu dan biaya untuk merekrut karyawan baru dengan waktu dan tahap  yang terlalu rumit. Tentu kita harus memilih tahap yang lebih sederhana tapi mendapatkan karyawan baru yang kompetitif dan baik untuk pengembangan perusahaan kecil yang dimiliki. Berikut ini kiat-kiat untuk mendapatkan karyawan yang bagus softskill dan hard skill,antara lain:
·         Jika membutuhkan karyawan di bidang Accounting:
1.    Membuat Iklan di Surat Kabar(koran dan internet)
2.    Tes tulis
3.    Pengambilan karyawan(memilih yang berkompetensi)
·         Jika membutuhkan karyawan di bidang marketing:
1.    Membuat iklan di Surat kabar(koran /internet)
2.    tes praktek atau langsung magang
3.    pengambilan karyawan (memilih orang yang sesuai kriteria)
·         Jika membutuhkan karyawan di bidang produksi:
1.    Menggunakan metode rekrutmen tertutup(yaitu dengan memberikan pengumuman pada karyawan untuk mengajak teman atau saudaranya untuk gabung dalam perusahaan
2.    Mengambi karyawan (memilih orang yang berkompeten)
Konsep sederhana itu dapat dengan mudah di terapkan untuk UKM yang membutuhkan pegawai yang bagus di dalam soft skill dan hard skill-nya.semoga dapat membantu kesulitan Anda dalam melakukan rekrutmen UKM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar