salam sukses untuk kita semua.
Di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini memulai
menumbuhkan wirausaha muda yang bernama UKM atau Usaha Kecil Menengah. Usaha ini di maksudkan untuk memberikan jalan
keluar untuk kemiskinan di indonesia dan memperlancar bisnis Riil. UKM akan
dimulai dengan memberikan pinjaman kepada home
industry untuk menumbuhkan usaha
mereka. Ada beberapa macam ukm yang sudah di bentuk yaitu usaha Makanan,pakaian
,sepatu,assesoris dan lain – lain.
Tentunya kita juga tahu bahwa UKM tidak sama dengan
perusahaan,dalam bidang produksi maupun
struktur organisasinya. Perusahaan besar mempunyai struktur organisasi yang
jelas dan tepat. Ada departemen di setiap bidangnya,seperti HRD,Staff
Accounting,Staff gudang ,dll diatur berdasarkan job deskripsinya
sendiri.berbeda dengan UKM,mereka hanya punya Pimpinan dan pekerja/karyawan.
Seorang pimpinan akan merangkap beberapa bidang yang paling mencolok adalah
staff keuangan dan human resource.
Di dalam UKM pasti butuh karyawan baru ketika ada seorang
yang keluar atau sudah waktunya pensiun. Sedangkan di UKM sendiri tidak cukup
waktu dan biaya untuk merekrut karyawan baru dengan waktu dan tahap yang terlalu rumit. Tentu kita harus memilih
tahap yang lebih sederhana tapi mendapatkan karyawan baru yang kompetitif dan
baik untuk pengembangan perusahaan kecil yang dimiliki. Berikut ini kiat-kiat
untuk mendapatkan karyawan yang bagus softskill dan hard skill,antara lain:
·
Jika membutuhkan karyawan di bidang
Accounting:
1. Membuat
Iklan di Surat Kabar(koran dan internet)
2. Tes
tulis
3. Pengambilan
karyawan(memilih yang berkompetensi)
·
Jika membutuhkan karyawan di bidang
marketing:
1. Membuat
iklan di Surat kabar(koran /internet)
2. tes
praktek atau langsung magang
3. pengambilan
karyawan (memilih orang yang sesuai kriteria)
·
Jika membutuhkan karyawan di bidang produksi:
1. Menggunakan
metode rekrutmen tertutup(yaitu dengan memberikan pengumuman pada karyawan
untuk mengajak teman atau saudaranya untuk gabung dalam perusahaan
2. Mengambi
karyawan (memilih orang yang berkompeten)
Konsep sederhana itu dapat dengan mudah di terapkan untuk
UKM yang membutuhkan pegawai yang bagus di dalam soft skill dan hard
skill-nya.semoga dapat membantu kesulitan Anda dalam melakukan rekrutmen UKM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar