Minggu, 05 Desember 2010

Bagaimana kunang-kunang menyala??

Pada musim panas yang hangat,kunang kunang berkelap-kelip di padang rumput di waktu malam seperti kilat dari kejauhan.coba anda tangkap dan masukkan ke dalam toples.dan amatilah..cahaya kunang-kunang itu dingin dan aneh..memang demikian teman-teman.Cahaya kunang kunag tidak seperti matahari.hampir tidak menegeluarkan panas.
                Kunang-kunang adalah Kejutan –kumbang.dan ada lebih dari 2000 spesies di muka bumi ini .kunang –kunang dewasa berwarna coklat atau hitam dan panjangnya kira-kira 10cm lebih.
                Temen-teman.,Cahaya kunang-kunang di buat di abdomen.atau perut bawahyang mengandung sel-sel yang di sebut Fotosit.dua zat kimia dalam fotosit adalah luciferin dan luciferase.saling bereaksi dan melepaskan energy.energi itu mengeksitasi (merangsang)atom –atom  dalam luciferin yang melepaskan foton cahaya.di belakang fotosit .selapisan sel lain penuh dengan zat kimia putih.memantulkan cahaya ke luar pada kita .seperti reflector di belakang sepeda.
                Tetapi.Mengapa kunang-kunang bercahaya????.menurut para ilmuan .serangga itu mengeluarkan cahaya mereka untuk menarik pasangan.setipa kunang-kunang berkedip dengan iramanya..jadi kunang-kunang jantan dan betina dapat memastikan mereka berpasangan dengan anggta sppesiesnnya sendiri.
                Saat kiata menyaksikan cahaya kunang –kunang menyala pada malam hari di padang rumput,pernah bertanya engga?apakkah kegunaan zat –zat kimia yang membuat mereka bersinar???
                Ini jawabannya:
                Di dalam sel-sel ada gen,yang memberi tahu sel apa yang harus di lakuakan.melalui langkah –langkah yang rumit,ternyata kuanang –kunang bertujuan untuk memasukan luciferase dan memasukan dalam daun tembakau .hasilnya adalah tembakau menjadi menyala saat gelap.
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar