Customer
Relationship Management atau sering kita sebut dengan CRM ternyata sangat di
butuhkan oleh Perusahaan di manapun perusahaan itu berdiri dan apapun bentuk
perusahaan itu. Karena CRM dapat memelihara Konsumen agar tetap loyal kepada
Perusahaan dan setia untuk membeli atau menggunakan produk kita secara terus
menerus.
Perlu
kita ketahui bersama CRM adalah usaha perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga
pelanggan dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu
melalui telepon ,E-mail, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf
penjualan dan pemasaran.
- Menurut Andersen Consulting(tunggal 2000):CRM merupakan pendekatan bagi perusahaan untuk mengidentifikasi, melaksanakan, memperoleh, mempertahankan pelanggan memalui berbagai kapabilitas secara terintegrasi.
- Menurut Fredrick Newell dalam buku “Loyalty.com”(2000,2):CRM adalah sebuah pemodifikasian dan pembelajaran perilaku konsumen setiap waktu dan setiap interaksi ,perlakukan terhadap pelanggan dan membangun kekuatan antara konsumendan perusahaan.
Ada beberapa
tujuan adanya CRM yaitu mengenali dan menganalisa relasi, mengenali dan
menganalisa pasar dan mengenali dan menganalisa produk keluaran. Selain itu
CRM dapat menambah konsumen yaitu dengan
memelihara konsumen dan menambah konsumen baru,
dan mengetahui tingkat kepemilikan perushaan pada kosumen yaitu dengan
mengethui kebutuhan konsumen.dll.
Kunci
Sukses daam CRM:
- Tangani
komplain
Masalah lebih cepat selesai ,tentunya lebih bagus .oleh karena itu ,usahakan untuk menangani komplain dengan cepat ,langsung on the spot. Namun jika ada permasalahan dan tidak di selesaikan dengan cepat dan berbilang bertele-tele malah dapat memberikan dampak buruk bagi Image perusahaan itu sendiri. - Dorong
pelanggan untuk Komplain
Mungkin terdengar aneh ya???tetapi sangat pentingnya komplain dari pelanggan untuk dapat memperbaiki kinerja kita dan produk kita.oleh karena itu maka dorongnya pelanggan agar komplain kepada perusahaan. Dengan menyediakan nomor Hot line,kuesioner feedback,survei elepon ataupun interaksi langsung. Dengan kita mendengar komplain dari konsumen maka akan terjalin komunikasi anatar konsumen dengan perusahaan. - Customer
sevice yang kompeten
Dengan adanya komplain maka harus di butuhkan tenaga untuk menagani hal itu.yaitu dengan tenaga Customer service yang berkompeten. Mereka harus mempunyai product knowledge serta seluk belum mengenai prosedur pelayanan yang baik.dan juga harus mempunyai pengetahuan terkait nature dari bisnis tersebut. - Follow
up
Setelah mengatasi komplain,maka lebih baik jika melakukan Follow up kepada pelanggan, ini perlu untuk mengkonfirmasi apakah tindakan anda sudah tepat,sesuai dengan ekspetasi mereka .dalam tahap ini di evaluasi bagaiamana sikap pelanggan terhadap anda: masih sama atau berubah? Jika sikap meraka normal maka kemungkinan mereka tetap menjadi pelanggan kita yang loyal cukup besar. Namun jika sebaliknya yitu berubah tentunya menjadi pekerjaan yang baru bagi perusahaan. - Delightfull
recovery
Salah satu komponen yang dapat mengubah perasaan pelanggan dari kecewa berbalik menjadi puas adalah Recovery. Kunci penting dari recovery yang sukses adalh benefit yang diterima pelanggan lebih besar dari pada kerugian atau kekecewaan yang mereka tanggung,sebisa mungkin ,ciptakan suatu recovery yang di luar ekspetasi pelanggan.
Saya
mempunyai pengalaman tentang CRM yang telah di lakukan oleh perusahaan. Yaitu perusahaan
Sekuritas “ IndoPremier Securities(IPS)”.perusahaan ini bergerak di bidang
pasar modal seperti jual beli saham, obligasi ,dan lain-lain. IPS sebagai
jembatan dari investor kepada perusahan bersangkutan untuk menghimpun dana dari
investor untuk dibelikan beberapa LOT saham dari beberapa perusahaan yang Go
Publik.
Saat
itu, saya bersama teman saya datang ke Kantor Saham IPS untuk membuka Rekening
baru pembelian saham atau kita sebut dengan RDI(Rekening Dana Investor). Yang mana
Rekening ini akan di gunakan dalam pembelian saham di bursa saham.
Perusahaan
IPS juga memiliki Customer Relationship Management(CRM) yaitu sebagai berikut:
- Perusahaan memberikan kemudahan untuk investor membuka rekening baru .
- Perusahaan memberikan data-data harga saham di pasaran secara Up-date
- Memberikan informasi tentang beberapa perusahaan yang sedang naik dan turun harga sahamnya
- Memberikan pengajaran gratis kepada Investor pemula untuk jual beli saham di Bursa
- Memberikan Compact Disc gratis kepada Investor baru.
- Memberikan Informasi melalui telpon, sms dan E-mail
Selain
yang di atas masih banyak CRM yang diberikan oleh Perusahaan untuk Customernya
agar selalu memberikan Kontribusi positif bagi perusahaan dan dapat terus
bekerjasama dengan perusahaan .
Jadi
bisa di ambil Simpulan bahwa Customer Relationship Management(CRM) sangat
berguna bagi perusahaan untuk dapat membina informasi dan hubungan kepada
Konsumennya. Dan untuk menambah lebih banyak konsumen lagi. Ada penelitian mengatakan “jika satu orang di
kecewakan atau diperlalukan buruk oleh orang lain,maka dia akan menyampaikan
kepada orang lain yang ditemuinya sampai 20 orang,tetapi ketika dia mendapat
perlakukan yang baik dari seseorang maka dia akan menyebar berita baik itu
hanya kepada 10 orang saja”.
Terima
kasih.....
Mohon
berikan tanggapan dan atau tinggalkan pesan dan komentar anda pada artikel ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar